Friday, February 7, 2014

[batavia-news] Dirut Pertamina: Oknum Anggota Banggar Selalu Minta Uang

 

 

Dirut Pertamina: Oknum Anggota Banggar Selalu Minta Uang

Sabtu, 01 Februari 2014, 03:34 WIB
Komentar : 12
Karen Agustiawan
Karen Agustiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan bersuara soal perilaku anggota badan anggaran (Banggar) DPR RI saat proses pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan APBN (Perubahan) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Karen mengungkapkan hal tersebut dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per 8 November 2013 yang didapatkan RoL. Pada BAP itu, Karen menjawab pertanyaan penyidik KPK, apakah untuk pengurusan atau pengesahan APBN dan APBN-P Kementerian ESDM, anggota Banggar selalu meminta uang?

"Ya, untuk pengurusan atau pengesahan APBN dan APBNP Kementerian ESDM, anggota Banggar DPR RI selalu meminta sejumlah uang kepada Kementerian ESDM, kemudian Kementerian ESDM meminta kepada BUMN yang bergerak di bidang energi, termasuk Pertamina," jelasnya.

Karen menyebut beberapa pihak yang juga kerap dimintai duit yakni SKK Migas, BPH Migas, PGN, PLN, Bukit Asam, PLN dan lain-lain. Menurutnya, oknum anggota Banggar tersebut tak hanya meminta uang saat proses pengurusan dan pengesahan APBN dan APBNP Kementerian ESDM.

"Oknum anggota Banggar meminta fee dari proyek atau dari kuota BBM,"ujar Karen yang beridentitas lengkap Galaila Karen Kardinah.

 

Dalam BAP KPK per 7 November 2013, Karen menerangkan kepada penyidik bahwa mantan kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini pernah meminta uang senilai 150.000 dolar AS. Permintaan tersebut disampaikan pada 12 Juni 2013.

Karen  mengungkapkan, permintaan disampaikan dalam rangka pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2013 untuk Kementerian Energi Sumber Daya Alam di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Ketika ditagih Rudi, Karen mengaku sudah memberikan uang langsung kepada anggota DPR, bukan lewat Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karyono, seperti yang diminta Rudi. Hanya, Karen kemudian mengungkapkan, uang tersebut tidak pernah diberikan kepada anggota DPR.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment