Wednesday, February 5, 2014

[batavia-news] SBY perintahkan Anas amankan Century?

 

res : Ribut hiruk pikuk tentang pemberantasan korupsi, tetapi rupanya kasus Bank Century tidak begitu meriah, karena big boss mempunyai saham.  
 
 
Wednesday, 05 February 2014 23:26    PDF Print E-mail
SBY perintahkan Anas amankan Century?
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku pernah diperintahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengamankan pengusutan skandal bailout Bank Century di DPR. Anas diminta oleh SBY untuk mengamankan Pansus Century agar pengusutannya tidak mengarah kepada SBY.

Hal itu diungkapkan oleh Anas melalui pengacaranya, Handika Honggowongso saat mendampingi pemeriksaan hari ini di KPK. Saat ditugasi oleh SBY, Anas masih menjabat Ketua Fraksi Demokrat DPR.

join_facebookjoin_twitter

"Disampaikan, jika saya (Anas) dipanggil oleh SBY di Cikeas, dalam pertemuan tersebut SBY memberi pengarahan ke saya (Anas) untuk mencegah supaya Pansus Century DPR tidak mengarah, baik secara hukum dan politik ke SBY," ujar Handika, seperti apa yang disampaikan Anas saat mendampinginya diperiksa KPK, hari ini.

Handika mengatakan, Anas diminta untuk berkoordinasi dengan Boediono selaku Gubernur BI saat itu, dan juga Sri Mulyani, selaku Ketua KSSK. "Untuk itu, harus dilakukan koordinasi dengan Boediono, Sri Mulyani dan seluruh pihak yang terkait," ujar Handika.

Menurut Handika, Anas juga disuruh melobi fraksi-fraksi partai lain untuk mengamankan SBY. Juga diminta untuk membangun opini ke media massa jika SBY tidak terlibat. "Dan loby ke fraksi partai lain untuk mengamankan SBY serta membangun opini jika SBY tidak terlibat ke media massa dalam kasus century," ungkap Handika.

Saat ditanya, apakah hal ini sudah disampaikan Anas ke penyidik KPK, Handika mengaku belum sempat. Pasalnya, pemeriksaan hari ini dihentikan, lantaran Anas sakit gigi.

Namun, Handika menegaskan, Anas akan menjelaskan hal tersebut di pemeriksaan berikutnya. "Nanti dipemeriksaan berikutnya akan di jelaskan, tdi riksa di hentikan dulu karena mas anas sakit gigi, yang makin ngilu dan bikin pusing," pungkasnya.

Hari ini Anas diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan gratifikasi proyek Hambalang dan proyek lainnya. Anas mengaku pemeriksaannya seputar Kongres Demokrat di Bandung 2010.

Komisi Pemberantasan Korupsi meminta mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, jangan cuma umbar janji bakal bekerja sama mengungkap kasus dugaan suap pengurusan anggaran proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Desa Hambalang, Jawa Barat, dan proyek-proyek lainnya.

Mereka juga meminta kubu Anas jangan asal gertak soal memberi bukti keterlibatan pihak lain, termasuk Edhie Baskoro Yudhoyono atau kerap disapa Ibas, dalam perkara itu.

Hal itu diungkap oleh Wakil Ketua KPK, Bambang Widjajanto. Dia menyarankan Anas dan penasihat hukumnya lebih baik jujur di hadapan penyidik dan memberikan supaya kasus itu terbongkar seutuhnya.

"Jangan menyembunyikan fakta apa pun untuk bisa membongkar kasus ini setuntas-tuntasnya. Dan jangan kemudian hanya menjanjikan tapi hanya terus berjanji. Karena menyerahkan itu bukan sesuatu yang sulit, kalau barangnya ada. Tapi kalau barangnya diada-adakan, itu lain lagi," kata Bambang kepada awak media di Gedung KPK, Jakarta, hari ini.

Menurut Bambang, keterangan diberikan Anas dalam penyidikan belum ada apa-apanya. Bahkan, menurut dia, kesaksian Anas sama sekali belum menyentuh materi perkara.

"Tapi saya berprasangka baik saja. Kalau memang ada (bukti) segera serahkan, jangan sampai itu berpolemik. Penyidik akan mengembangkan lebih lanjut sesuai dengan fakta-fakta yang diterima," lanjut Bambang.
(dat06/merdeka/inilah)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment