Thursday, February 6, 2014

[batavia-news] Kepadatan Penduduk, Penyebab Tingginya Kriminalitas

 

 

Kepadatan Penduduk, Penyebab Tingginya Kriminalitas

  • Kamis, Feb 06 2014
  • Ditulis oleh 
  • ukuran huruf perkecil besar tulisan perbesar ukuran huruf

Ambon, AE— Letak Kota Ambon yang strategis, membuatnya jadi tujuan utama para pencari kerja, baik masyarakat yang berasal dari dalam maupun luar Maluku. Kondisi ini berimbas pada kepadatan penduduk, dan menjadi salah satu pemicu tingginya angka kriminilitas maupun lainnya di Kota Ambon.

"Ini realitas dari lingkungan yang padat, adanya pemukiman kumuh, daya tampung lingkungan yang tak memadai, menjadi penyebab sering terjadinya tindakan kriminilitas," ujar staf pengajar FISIP Unpatti Ambon, DR Toni Pariela kepada koran ini  via seluler kemarin.

Menurut dia, sudah saatnya ada peraturan daerah yang mengatur mengenai perpindahan penduduk dari luar ke Kota Ambon. "Penegakan hukum, adalah salah satu cara, apabila terjadi pelanggaran hukum, tetapi apakah sudah ada perda yang mengatur soal ini atau belum. Perlu ada perda yang mengatur mengenai hal ini," terang Pariela.

Perlu adanya perda yang mengatur perpindahan penduduk baik yang keluar maupun masuk ke Kota Ambon, agar proses keluar masuk penduduk bisa terpantau dengan baik. Selain itu perkembangan penduduk juga bisa diatur secara baik, agar jangan sampai terjadi kepadatan penduduk.

"Ada orang yang masuk ke Ambon sudah dilengkapi dengan ketrampilan khusus, tetapi ada juga yang tidak, dan untuk bisa mengetahui dan mengatur soal ini perlu adanya perda. Ini yang harus diperhatikan oleh pemerintah," tukasnya.

Tingkat kepadatan penduduk, dan daya tampung lingkungan, menyebabkan sering terjadinya tindakan kriminalitas di masyarakat. Pada kondisi ini baru penegakan hukum sangat diperlukan apabila terjadinya tindakan kriminal.

Karena itu, menurutnya, Pemerintah Provinsi Maluku perlu memberdayakan daerah-daerah sekitar pulau Ambon. Sehingga Kota Ambon tidak menjadi tujuan utama masyarakat dalam mencari pekerjaan, ataupun lainnya.

Alasan pihak kepolisian mengenai kekurangan IT, bisa dipahami, karena IT adalah bagian untuk memperlancar dan mempercepat kinjera kepolisan dalam mengungkap suatu kasus tindakan kriminal.

Namun selain hal tersebut, peran dari RT/RW juga harus dimaksimalkan dengan baik, dan RT/RW agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Ini diperlukan karena RT/RW sangat dekat dengan masyarakat. Dan mengetahui kondisi yang terjadi di lingkungan mereka.

Untuk bisa mengatasi tindakan kriminalitas di lingkungan masyarakat, bukan hanya menjadi tugas aparat keamanan, maupun pemeritah, namun peran serta dari masyarakat juga sangat dibutuhkan, dalam menciptakan kondisi yang aman dan kondusif.

Pariela mengaku, perlu adanya peran serta dari semua lapisan pemerintah, dari tingkat atas sampai ke bawah agar persoalan kepadatan dan keluar masuk penduduk ini bisa diatur dan dikontrol secara baik.
"Persoalan KTP ini juga perlu diperhatikan, apakah semua orang yang masuk di Ambon ini memiliki KTP, ini perlu diatur secara baik, " kata dia. (CR2)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment