Friday, February 7, 2014

[batavia-news] Musibah Ibadah Umrah

 

 
 

Musibah Ibadah Umrah

Kamis, 06 Febuari 2014 by: Tiko Cartiko
 
SAUDARA saya berangkat umrah melalui biro perjalanan haji dan umrah PT Nurul Iman yang beralamat di Raya Condet Gg Masjid RT 004/01 No 6C, Jakarta Timur, 13760, karena tergiur oleh penawaran harga khusus dengan program menarik untuk mendapatkan fasilitas hotel bintang empat dan lainnya.

Semula saudara saya akan diberangkatkan 22 Desember 2013, tetapi diundur menjadi 23 Desember 2013 dan akhirnya diberangkatkan pada 29 Desember 2013. Sampai di Kota Jeddah, udaranya cukup dingin dan dihadapkan dengan menahan lapar serta harus menunggu jemputan berjam-jam.

Mungkin Allah masih sayang kepada saudara saya dan baru mendapatkan makanan di Mekkah atas biaya sendiri. Begitu pun soal hotel, dia harus mencari dan membayar sendiri. Dengan kondisi itu, setiap hari di antara jemaah harus berunding bagaimana hidup selanjutnya. Yang terjadi akibat hal tersebut ialah emosi karena keuangan berkurang. Bahkan, sampai ada yang minta dikirimi uang dari Jakarta. Penderitaan terakhir pada waktu pulang ke Tanah Air karena harus menunggu di Kuala Lumpur, Malaysia, selama 20 jam dengan ongkos menginap di hotel dibayar sendiri.

Persoalan menunaikan ibadah haji dan umrah sering muncul karena penelantaran jemaah oleh biro perjalanan. Mungkin itu karena biro perjalanan sebatas kolektor mengumpulkan para jemaah sebanyak-banyaknya, bukan sebagai penyelenggara perjalanan haji dan umrah yang tercatat memiliki akreditasi dari Kementerian Agama RI.

Seharusnya hal seperti ini tidak perlu terjadi seandainya memilih biro perjalanan haji dan umrah yang kredibel dan cukup berpengalaman. Janganlah terlalu mudah percaya promosi yang diberikan oleh biro perjalanan. Kita perlu curiga dan waspada terhadap kebenaran penawaran tersebut dengan mengecek langsung ke Kementerian Agama untuk mendapatkan informasi sekaligus mengetahui biro perjalanan haji dan umrah yang telah memiliki akreditasi dari Kementerian Agama.

Kami sebagai masyarakat biasa mengimbau kepada Kementerian Agama untuk menutup biro perjalanan haji dan umrah yang tidak memiliki izin beroperasi, sekaligus memberikan sanksi berat sebagai perlindungan terhadap masyarakat.

Tiko Cartiko

Malaka Jaya
Jakarta Timu

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment