Sunday, February 2, 2014

[batavia-news] LSI: PDIP Bisa Kalah di Pilpres Jika Mega "Nyapres"

 

res : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat sewaktu Mega menjadi presiden?
 
 

LSI: PDIP Bisa Kalah di Pilpres Jika Mega "Nyapres"

Minggu, 2 Februari 2014 | 16:26 WIB
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri (dua kanan) berfoto bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (dua kiri) dan Ketua Panitia Rakernas III PDIP Puan Maharani (kanan) usai mengikuti acara penutupan di Ancol, Jakarta, Minggu (8/9/2013). Jokowi yang merupakan kader PDI Perjuangan tersebuyt digadang-gadang akan menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan dalam pilpres 2014 mendatang.


JAKARTA, KOMPAS.com
- Hasil survei terakhir Lingkaran Survei Indonesia (LSI), PDI Perjuangan diprediksi kalah dalam Pemilu Presiden 2014 jika mengusung Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri sebagai calon Presiden ketimbang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi. Pasalnya, elektabilitas keduanya relatif jauh.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan, jika PDIP mencalonkan Megawati sebagai Presiden, maka suaranya akan bersaing ketat dengan capres Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical dan capres Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Berdasarkan survei LSI per Januari 2014, elektabilitas Megawati antara 13,4 persen sampai 22 persen, Ical antara 11,5 persen sampai 21,3 persen, dan Prabowo antara 10,7 persen sampai 20,6 persen.

"Dukungan untuk ketiga capres ini sangat ketat, bisa saling salip-menyalip," kata Adjie saat merilis hasil survei di Kantor LSI, di Jakarta, Minggu (2/2/2014).

Namun, hasil itu berbeda jika PDI-P mengusung Jokowi sebagai capres. Jokowi akan mendapatkan dukungan antara 22,3 persen sampai 35,6 persen. Adapun Ical mendapatkan antara 13,2 persen-20,1 persen dan Prabowo antara 12,6 persen-19,7 persen.

"Jadi kalau Jokowi dicalonkan, posisi Jokowi akan aman, jauh diatas. Sementara Aburizal dan Prabowo masing-masing masih saling berkejar-kejaran," ujar Adjie.

Keputusan capres PDIP, menurut Adjie, sepenuhnya masih ada di tangan Megawati. Jika Megawati merasa bahwa dirinya potensial untuk menang, atau ingin meneruskan dinasti Bung Karno, maka akan sulit bagi Jokowi untuk maju di Pilpres.

"Tapi kalau Megawati bisa mempercayai loyalitas Jokowi kepadanya dan juga kepada platform PDI-P, maka Jokowi bisa diusung. Apalagi, dukungan terhadap Jokowi sangat kuat," pungkasnya.

LSI mengaku survei tersebut dilakukan pada 6 Januari-16 Januari 2014. Jumlah responden sebanyak 1200 orang dengan margin of error 2,9 persen. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Selain empat tokoh itu, LSI mengaku juga memasukkan nama belasan tokoh lain yang masuk dalam bursa capres.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment