Friday, January 17, 2014

[batavia-news] Dunia Maya Bikin Marah Ani Yudhoyono

 

 
Res : Kalau ibu negara marah, bapak negara bisa kedinginan di waktu senja, dari itu diminta kepada  khalayak ramai untuk tidak beramai-ramai membuat ibunegara marah.
 
 

Dunia Maya Bikin Marah Ani Yudhoyono

 

d

Politikus menyinggung politikus lain di dunia maya bukan lagi sekadar kegiatan di waktu senggang.

Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jengkel dengan salah satu follower-nya di Instagram, sebabnya banjir. Ia tidak terima dituding tidak peka terhadap musibah banjir.

"Saya jengkel ada yang menulis, ibu ini, banjir kok main Instagram. Kesel saya jadinya seolah tidak mengurusi banjir, hanya main-main instagram," kata Ani Yudhoyono dalam rapat SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) di Istana Negara Jakarta, Kamis (16/1).

Ani Yudhoyono memang main Instagram ketika hari libur dan saat sedang santai. Ia menduga yang berkicau di Instagramnya adalah anak kelas III SMA. Setidaknya, itu berdasarkan penelusurannya. Istri presiden memperkirakan, salah satu follower-nya itu memberi komentar tanpa banyak berpikir terlebih dahulu.

Karena itu, "Saya jawab, Ibu Jokowi dan Ibu Ahok ke mana ya? Kok saya yang dimarahi?" katanya. Balasan Ani Yudhoyono dalam Instagram @Aniyudhoyono, katanya, membuat sejumlah followers lain ikut mem-bully (intimidasi) orang yang diduga masih kelas III SMA itu. Akibatnya, yang bersangkutan menghapus kicauannya.

Ibu dari Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono memang memiliki hobi fotografi. Ia suka menenteng kameranya ketika melihat objek yang unik.

Ketika Kantor Sekretariat Negara terbakar beberapa waktu lalu, Ani Yudhoyono terekam kamera sedang memegang kamera hendak mengabadikan peristiwa tersebut. Bahkan, dalam foto keluarga yang dimasukannya dalam Instagram, ia tak melepaskan kamera digital yang ada di tangannya.

Ia tidak menyangka kalau kicauannya di dunia maya (gaul) tersebut menyebar menjadi pembicaraan publik. "Akhirnya dimasukkan ke media, saya tidak menyangka kok dari situ masuk media. Di media ditanggapi rame, akhirnya follower saya tambah banyak. Plus-minusnya seperti itu saya paham," katanya.

Anak Jenderal Sarwo Edhie Wibowo itu menilai, banyak komentar di dunia maya yang tidak pada tempatnya karena tidak mengerti. "Disangkanya powerfull presiden dan ibu negara, harus semua dikerjakan oleh beliau, kan ada sendiri-sendiri. Kalau di Jakarta, harus ada perhatian dari istri gubernur atau istri wakil gubernur," tuturnya.

Ia menegaskan kalau tidak pernah terlibat dalam masalah-masalah pemerintahan dan tidak pernah hadir dalam sidang kabinet.

Bukan Pertama

Beberapa waktu lalu, emosi Kristiani Herawati, nama asli Ani Yudhoyono, sempat dibikin panas oleh kicauan pengikutinya di situs jejaring sosial Twitter. Pemantiknya, seorang pengikut menanyakan soal kebiasaan Edhie Baskoro atau Ibas yang selalu berbaju lengan panjang setelah memperhatikan sejumlah foto hasil jepretannya.

Tepatnya Maret 2013, ia mengunggah foto Ibas bersama istrinya, Siti Ruby Aliya Rajasa, dan putra tunggal mereka, Airlangga Satriadhi Yudhoyono. Di foto tersebut, terlihat Ibas bersama istri dan anaknya dengan latar rusa totol di Istana Bogor. @devi_tri yang menyulut dengan kicauan, "Wah, Mas Ibas pake baju lengan panjang terus."

Ani Yudhoyono langsung membalas, "Ada masalah dengan baju Ibas? Setiap orang punya cita rasa berpakaian sendiri-sendiri. Tak perlu dipermasalahkan. Mau lengan pendek, lengan panjang, terserah saja, sepanjang yang bersangkutan merasa nyaman," jawaban datar Ani Yudhoyono memancing pengikutnya yang lain untuk bertanya lagi.

Ini, misalnya @paulroul, "Maaf Bu, apa bener alasan Mas Ibas pake lengan panjang terus karena ada tato salib di lengan? no offense ya, Bu."

Pertanyaan itulah yang memancing emosi, terlihat dari jawabannya. "@paulroul, Fitnah yang sangat keji," balas Ani. Ia menilai fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Pada kesempatan lain, ia juga pernah mengecap pengikutnya bodoh karena bertanya soal pakaian batik yang digunakan keluarga presiden saat berada Pantai Klayar, Pacitan.

Tidak Lagi Santai

Kemarahan Ani Yudhoyono di dunia maya ini ternyata tidak terbatas di sana. Kali ini, ia sendiri yang mengangkatnya ke permukaan dalam sebuah forum resmi sehingga menjadi pembicaraan umum.

Bahkan, pihak yang tidak aktif di Instagram terpancing untuk ingin tahu. Dengan demikian, apa yang dilakukan Ani Yudhoyono untuk mengisi waktu libur di Instagram tidak lagi menjadi hal yang dipandang santai.

Ketika menyinggung "istri Jokowi dan istri Ahok", yang adalah politikus oleh istri politikus, tentu berbeda ketika yang disinggung adalah masyarakat biasa, yang tanpa kekuasaan dan jabatan politik.

Ani Yudhoyono tahu kalau tidak semua hal yang dilakukannya dalam Instagram atau situs jejaring sosial yang lain, tidak hanya untuk mengisi waktu senggang, hari libur. Program SIKIB, ia menegaskan, akan disosialisasikan di akun pribadinya di Instagram.

"Follower saya 247.000-an, cukup banyak. Kalau di-upload (diunggah) nanti (informasinya-red) banyak yang membaca," katanya. Sosialisasi di dunia maya itu seiring dengan terus bertambahnya pengikut tersebut. Artinya, bukan lagi tempat mengecap orang lain bodoh.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment