Friday, January 17, 2014

[batavia-news] Marzuki Alie Tak Setuju Mundur dari Jabatan

 

res: Berita agak lama.
 
 
Kamis, 01 Agustus 2013 , 20:12:00
 
 

JAKARTA - Aturan teknis konvensi calon presiden yang dilakukan Partai Demokrat akan diputuskan setelah terbentuknya komite. Salah satu usul yang mengemuka adalah ketentuan peserta konvensi melepaskan jabatan yang saat ini dipegangnya. Usul tersebut ditanggapi pro dan kontra.
 
Ketua DPR Marzuki Alie yang sudah menyatakan kesiapannya menjadi peserta konvensi termasuk yang tidak setuju dengan aturan itu. Menurut dia, aturan tersebut tidak bisa diberlakukan kepada seluruh peserta konvensi. "Usul agar peserta konvensi mundur dari jabatan tidak tepat disamaratakan kepada seluruh peserta konvensi," kata Marzuki di kompleks parlemen kemarin (31/7). Dalam pandangannya, aturan lebih pas diterapkan kepada peserta konvensi yang saat ini mengemban tugas sebagai menteri dalam pemerintahan SBY-Boediono. "Kerja menteri dan ketua DPR itu berbeda. Jadi, dalam konvensi tidak bisa diseragamkan," ujar wakil ketua majelis tinggi Demokrat itu.
 
Marzuki menjelaskan, sebagai pimpinan DPR, prinsip kerjanya kolektif kolegial. Artinya, ketika salah seorang pimpinan tidak bisa melaksanakan tugasnya, bisa digantikan pimpinan lain. Sebagai ketua DPR, dia juga bertugas menyosialisasikan undang-undang. Nah, tugas itu tidak jauh berbeda dengan seorang bakal capres yang harus banyak turun ke lapangan. "Dalam sebulan saya ada kunjungan, turun ke daerah-daerah," kata Marzuki.
 
Meski begitu, peraih gelar PhD Marketing Politics dari Universiti Utara Malaysia itu siap jika nanti komite konvensi mengharuskan pejabat negara yang ikut konvensi melepaskan jabatannya. "Kalau ada aturan itu, saya juga akan mengikuti," tegasnya. Sejauh ini Marzuki cukup percaya diri untuk mengikuti konvensi capres Demokrat. Meski begitu, dia tidak mau mengungkapkan barisan di belakangnya yang memberikan dukungan. Dia hanya menyatakan akan berusaha sekuat tenaga. "Soal strategi, langkah-langkah apa, itu tidak perlu diceritakan ke orang," kilahnya. Kandidat calon lain dari internal Demokrat Hayono Isman juga berpandangan kalau peserta yang mengikuti konvensi tidak perlu mundur dari jabatannya. Menurut dia, semua orang dengan atau tidak sedang memiliki jabatan tetap punya hak yang sama untuk maju konvensi. "Selain itu, kan belum ada aturan soal itu," kata Hayono. Sebelum ada kepastian aturan, anggota komisi I dari Partai Demokrat belum punya niat mundur dari keanggotaannya sebagai wakil rakyat. "Tapi, kita tunggu sajalah perkembangannya," imbuh mantan menteri pemuda dan olahraga di era Presiden Soeharto itu. (fal/dyn/c2/fat)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment