Tuesday, January 14, 2014

[batavia-news] Suryadharma: Pemikiran Gus Dur Lampaui Zaman

 

res : Suryadaharma sendiri bagaimana? Apakah ikut ataukah ketinggalan zaman?
 
 

Suryadharma: Pemikiran Gus Dur Lampaui Zaman

Jakarta, GATRAnews - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suryadharma Ali mengungkapkan, mendiang mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) merupakan seorang pemikir yang melampaui zamannya alias berpikir satu generasi lebih maju dari generasi tersebut. "Beliau (almarhum Gus Dur-Red.) seorang pemikir yang melampaui zamannya," ucap Suryadharma pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Abdurrahman Wahid dengan tajuk "Indonesia Ngalap Berkah Gus Dur" di DPP PPP, Jakarta, Selasa malam, (14/1).

Atas alasan itulah, ucap Suryadharma, PPP menghelat acara ini, selain Gus Dur merupakan seorang politisi ulung dan negarawan, sehingga dia menjadi presiden. Gus Dur juga merupakan seorang yang menjadikan sesuatu yang tidak bisa dikerjakan menjadi bisa. "Beliau seorang negarawan yang demokratis, sehingga atas upayanya kita memasuki zaman ini. Dengan gaya yang khas, dia bisa mendorong mayarakat menuju demokrasi," tuturnya. 

Sayangnya, ucap Suryadharma, demokrasi negeri ini belum melahirkan keadilan meski negara ini telah menyatakan diri sebagai negara demokrasi di mana siapapun diberikan kebebasan untuk meyampaikan pendapat atau bicara. "Tapi subtansinya belum menyentuh," ujarnya. Suryadharma mengatakan, haul ke-4 Gus Dur ini sengaja dihelat demi menyegarkan kembali pemikiran mendiang Gus Dur yang melampaui zamannya tersebut. 

"Haul ke-4 adalah untuk segarkan terus menurus pemikiran beliau yang melampaui zamannya, tentang pluralisme, dinamika keagamaan, dan sebagainya," ungkap Suryadharma. Menurutnya, kita juga kerap tercengang dengan pandangan atau pemikiran Gus Dur, karena pandangannya tidak sesuai pada masanya. "Tapi kalau kita renungkan, pola pikir Gus Dur bukan pandangan yang sempit. Kebebasan yang diajarkan Dus Dur kepada kita tidak keluar dari norma apapun, dari kostitusi, agama, sosial, dan seterusnya." nilainya.(IS)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment